Senin, 02 Januari 2017

Karakteristik Model Pembelajaran Problem Based Learning

Karakteristik dari model pembelajaran PBL terletak pada penyajian pembahasan permasalahan sebelum mempelajari konsep yang dibutuhkan untuk penyelsaiannya, sehingga permasalahan menjadi basis dalam belajar. Sedangkan Menurut Oon Seng Tan dalam (Sani, 2014 ) menyatakan bahwa karakteristik permasalahan yang dibahas dalam PBL adalah sebagai berikut: 1. Permasalahan dunia nyata yang tidak terstruktur atau kurang terstruktur. Jika digunakan permasalahan simulasi, perlu dibuat senyata mungkin. 2. Prmasalahan yang mencakup beberapa sudut pandang (beberapa mata pelajaran atau topik). 3. Permasalahan yang menantang siswa untuk menguasai pengetahuan baru. Sementara itu (Ibrahim, 2005) mengemukakan enam karakteristik yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran berbasis masalah. Pertama, proses belajar harus dimulai dengan suatu masalah, terutama masalah yang belum terpecahkan Kedua, isi dari suatu permasalahan merupakan isu-isu yang menarik perhatian siswa. Ketiga, guru hanya sebagai fasilitator dalam kelas. Keempat, siswa harus diberi waktu untuk berpikir atau mengumpulkan informasi dan menyusun strategi pemecahan masalah, dalam proses ini pemikiran-pemikiran yangkreatif harus didukung. Kelima, tingkat kesukaran dari masalah yang akan dipecahkan tidak terlalu sulit sehingga bisa menakuti siswa. Keenam kenyamanan dan keamanan lingkungan pembelajaran harus diciptakan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan berpikir siswa dan memecahkan masalah. 

Daftar Pustaka 

Ibrahim, M. 2005. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya : University Press.

Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implmentasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar